Diskusi (JNE) Keren Penanganan Macet Tol Jakarta-Cikampek

Membahas kemacetan yang ada di sekitar Jabodetabek maupun daerah lainnya, tentu saja tidak akan ada habisnya. Bahkan kita juga tahu kemacetan bisa saja terjadi di kawasan jalan tol yang notabene....

Kalau tinggal di sekitaran Jabodetabek, tentu saja kita harus siap berhadapan dengan kemacetan yang mungkin saja bakal menyita waktu berharga kita. Apa lagi jika jarak yang harusnya kita tempuh tidak sebanding dengan waktu yang harus kita tempuh.

Membahas kemacetan yang ada di sekitar Jabodetabek maupun daerah lainnya, tentu saja tidak akan ada habisnya. Bahkan kita juga tahu kemacetan bisa saja terjadi di kawasan jalan tol yang notabene merupakan jalur yang dibuat untuk mempercepat jarak jauh dan mengurangi kemacetan.

Kemacetan ini menjadi masalah banyak pihak. Bukan hanya menjadi masalah personal, bahkan perusahaan juga merasakan kerugian dari hal ini. Seperti yang kita ketahui, kemacetan bisa menghambat mobilitas perusahaan juga menimbulkan kerugian materiil dan non-materiil.

Tentu saja hal ini menjadi bahasan yang menarik untuk didiskusikan. Untuk itu, thewagia menghadiri undangan diskusi yang diselenggarakan JNE yang bertajuk “JNE kumpul bareng kawan pers nasional (JNE keren)”. Acara ini bertempat di kawasan Sudirman tepatnya di Mercantile Athletic World Trade Center I.

Diskusi keren ini dihadiri langsung oleh Presiden Direktur JNE, M. Fariadi, dan tiga pembicara lain yakni Setijadi  selaku Chairman Supply Chain Indonesia, Budi Paryanto yang merupakan Wakil Ketua Umum Asperindo, Bambang Prihartono, Pengelola BPTJ (Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek) dan Rico Rustombi yang merupakan Wakil Ketua Umum Bidang Logistik.

Bukan hanya itu, acara ini menjadi lebih istimewa karena dihadiri oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi.

Kali ini ada tiga kebijakan yang menjadi bahan pokok diskusi, kebijakan tersebut diantaranya :
  1. Penerapan nomor ganjil-genap nomor kendaraan di gerbang tol Bekasi Barat, Bekasi Timur dan sekitar daerah Jakarta
  2. Pembatasan jam operasional angkutan barang
  3. Jalur khusus angkutan umum

Dari ketiga kebijakan yang telah ditetapkan tersebut. Banyak pihak menilai kebijakan tersebut mempengaruhi mobilitas perusahaan logistik. Terlebih untuk kebijakan penerapan ganjil genap nomor kendaraan, ini menjadi alasan bisa menghambatnya proses pengiriman barang.

Setiap perusahaan logistik tentu saja ingin memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggannya. Salah satunya adalah layanan pengiriman barang cepat atau tepat waktu. Untuk mencapai tujuan ini ternyata hambatannya memang sangat komplit. Terlebih waktu yang dibutuhkan untuk mengirim barang tidak bisa diprediksi dan belum lagi dengan kebijakan-kebijakan pemerintah setempat serta pungli.

Selain permasalahan tersebut, Volume Car (VC) Ratio atau alat untuk mengukur kepadatan kendaraan semakin mendekati angka 1,05 yang menandakan kondisi jalan padat dan tidak bergerak. Namun, setelah tiga minggu kebijakan ini dijalankan, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mengklaim kepadatan yang terjadi turun dari angka tersebut menjadi 0,48. Hal ini menandakan bahwa penerapan kebijakan ini tergolong sukses. BPTJ juga menyatakan sistem yang diberlakukan ini stem ini sudah digunakan di berbagai negara besar, termasuk salah satunya Tiongkok yang seperti kita tahu negara ini merupakan negara dengan penduduk terpadat di dunia.

Menurut Menteri Perhubungan, DKI Jakarta tidak akan mengalami kemacatan parah saat jam-jam sibuk setelah proyek angkutan massal di Jabodetabek sudah beroperasi secara maksimal. Saat ini beberapa proyek tersebut memang masih tahap proses penyelesaian, diantaranya Mass Rapid Transit (MRT) jalur Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia-Kampung Bandan, kereta ringan Light Rail Transit (LRT) Jakarta, dan LRT Jabodetabek. Proyek ini ditargetkan akan beroperasi pada tahun 2023-2024.

Bahkan untuk memperlancar proses pengiriman barang dan mengurai kemacetan, pemerintah juga telah membuka jalaur-jalur tol baru untuk angkutan khusus barang dan beroperasi di jam-jam tertentu.

COMMENTS

Name

21 April,1,Air Terjun,2,Artikel,36,Cerita Pendek,2,Cerpen,2,Curhat,36,Desain,17,Film,2,Film keren,1,Game Of Thrones,1,GOT,1,Hiburan,8,Ilustrasi,16,Indonesia,2,Kartini,1,Kisah Cinta,1,Kisah romantis,1,Lombok,1,Lukisan Termahal,2,NTT,1,Opini,16,Pahlawan,2,Pelopor,2,Pelukis,2,Perempuan,1,Peringatan hari Kartini,1,Sahabat,4,Sastra,19,Sejarah,1,Serial Fantasi,1,Sketsa,3,Slider,2,Teknologi,4,theWagia,63,Vector,11,Wagia Blog,1,
ltr
item
theWagia: Diskusi (JNE) Keren Penanganan Macet Tol Jakarta-Cikampek
Diskusi (JNE) Keren Penanganan Macet Tol Jakarta-Cikampek
Membahas kemacetan yang ada di sekitar Jabodetabek maupun daerah lainnya, tentu saja tidak akan ada habisnya. Bahkan kita juga tahu kemacetan bisa saja terjadi di kawasan jalan tol yang notabene....
https://3.bp.blogspot.com/-DgamGV0SKLE/WvcOd1ylMyI/AAAAAAAAAo0/H6KyjcPbkGkPwG0LfZmpKqszfQ_SkflZwCLcBGAs/s640/JNE-KEREN.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-DgamGV0SKLE/WvcOd1ylMyI/AAAAAAAAAo0/H6KyjcPbkGkPwG0LfZmpKqszfQ_SkflZwCLcBGAs/s72-c/JNE-KEREN.jpg
theWagia
http://www.thewagia.com/2018/05/diskusi-keren-penanganan-macet-tol.html
http://www.thewagia.com/
http://www.thewagia.com/
http://www.thewagia.com/2018/05/diskusi-keren-penanganan-macet-tol.html
true
1103063318436841508
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy